Selasa, 28 Oktober 2014

Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog Bisnis?

Blog Bisnis Mengapa Bisnis Anda Harus Memiliki Sebuah Blog Bisnis?

Sudah seharusnya sebuah bisnis memiliki kehadiran di internet agar dikenal lebih banyak orang, bahkan banyak pengusaha yang meng-online-kan bisnis mereka dengan mengeluarkan effort besar dan banyak uang. Website statis dan blog adalah dua hal yang berbeda, website bisnis biasanya berbentuk statis sedangkan blog bentuknya dinamis karena selalu ada update konten secara berkala.
Mungkin ada pengusaha yang sudah memiliki website untuk bisnis mereka bertanya “Bisnis saya sudah punya website. Bisnis Saya sudah go online, dan pelanggan bisa melihat informasi perusahaan saya di website tersebut. Buat apa lagi saya membuat blog?”

Pertama: Sebaiknya kita tidak menganggap bahwa website bisnis dan blog bisnis adalah dua web yang terpisah. Sebenarnya kita bisa menambahkan direktori khusus untuk blog pada website bisnis Anda. Misalnya URL website bisnis Anda adalah www.bisnismax.com, maka Anda bisa menambahkan direktori baru atau sub domain baru untuk blog bisnissehingga URL nya adalah  www.bisnismax.com/blog atau blog.bisnismax.com.
Kedua: Konten pada website bisnis biasanya berbentuk statis, sangat jarang atau bahkan tidak ada perubahan yang berarti dalam waktu yang lama. Bisa saja Anda memuat informasi tentang bisnis Anda di web bisnis yang statis tersebut sehingga pelanggan dapat melihat informasi lengkap tentang bisnis Anda. Namun, bila tidak ada update konten pada website Anda maka website tersebut tidak akan maksimal di mesin pencari, misalnya Google. Mesin pencari seperti Google lebih mengutamakan website yang selalu mengirimkan konten yang update dalam hasil pencarian mereka.
Ketiga: Website bisnis mungkin bisa memberikan informasi tentang bisnis Anda jika orang-orang mencari berdasarkan dengan kategori tertentu ataupun nama bisnis Anda. Namun bila mereka sedang mencari informasi pendukung yang masih berhubungan dengan industri bisnis Anda, kemungkinan mereka tidak akan menemukan website Anda di mesin pencari dan Anda kehilangan calon klien potensial terus menerus.

Keuntungan Memiliki Blog Bisnis

Mari kita melihat beberapa keuntungan memiliki sebuah blog untuk bisnis. Salah satu atau mungkin beberapa diantaranya akan dapat memenuhi tujuan bisnis Anda.

1. Memberikan Kemudahan Pada Pelanggan

Salah satu tujuan kita membangun sebuah blog untuk bisnis adalah untuk memberikan kemudahan dan layanan pada pelanggan. Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan saat membangun konten blog untuk para pelanggan:
Membangun konten untuk pelanggan potensial; Anda pasti ingin meningkatkan jumlah leads atau calon pelanggan pada bisnis Anda. Akan lebih baik bila konten yang dibangun sesuai dengan target market Anda. Misalnya bisnis Anda adalah jasa pembuatan website, maka konten yang harus Anda bangun adalah yang berhubungan dengan website, misalnya cara merawat website, cara memaksimalkan performa sebuah website, dan sebagainya.
Membangun konten untuk membantu klien; Anda pasti ingin mempertahankan semua klien agar tetap menggunakan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Maka manfaatkan konten blog bisnis Anda untuk memberikan informasi terbaru pada klien, misalnya informasi yang membantu klien dalam memaksimalkan produk yang mereka beli dari Anda.
Membangun konten untuk subscriber; calon klien dan pelanggan tetap di bisnis Anda adalah orang-orang yang harus terus diperhatikan. Berikan konten yang bermanfaat bagi mereka, jangan hanya mengirimkan penawaran. Jika saat ini Anda belum membangun email list, maka sebaiknya mulailah dari sekarang.

2. Membantu Meningkatkan Popularitas di Media Sosial

Jaman sekarang siapa sih yang tidak menggunakan media sosial? Sebagian besar pengguna internet pasti memiliki akun media sosial, misalnya Twitter, Facebook, Google+, dan lainnya. Dan kabar baiknya adalah media sosial dapat membantu meningkatkan popularitas bisnis Anda di internet. Apakah bisnis Anda kesulitan meningkatkan reputasi di media sosial? Konten blog Anda dapat membantu bisnis Anda semakin terkenal di media sosial, begini caranya:
Mengirimkan konten ke media sosial bisa memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan memasang iklan, tentunya ada strategi yang harus kita ketahui. Kita juga harus memperhatikan apa saja yang harus kita kirimkan ke media sosial, sebaiknya Anda mengingat rumus 80/20, artinya hanya 20% dari status di akun social media Anda yang mempromosikan bisnis Anda. Nah, jika Anda mengirimkan link blog posting pada 20% status Anda di social media, kemungkinan besar orang yang tertarik dengan bisnis Anda akan menjadi fans atau followers di media sosial.
Saat kita membangun konten dan mengirimkannya ke sosial media, pastikan konten yang kita kirim tersebut memberikan value pada fans atau followers di media sosial. Fans atau followers tersebut kemungkinan besar akan suka rela membagikan/me-retweet konten tersebut di media sosial sehingga akan semakin banyak orang yang akan melihatnya. Pada proses ini, secara tidak langsung akan meningkatakan popularitas brand bisnis Anda di internet.

3. Meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) Website Bisnis

Mesin pencari, terutama Google, lebih mengutamakan web yang selalu up to date dengan konten baru. Nah, blog bisnis Anda akan membantu ranking website bisnis dengan beberapa cara.
Konten blog menjadi ukuran bahwa website Anda memiliki kualitas; Seperti yang kita ketahui, Google bekerja keras untuk selalu memberikan hasil pencarian yang lebih relevan pada Search Engine mereka. Salah satu faktor yang mengindikasikan bahwa sebuah website layak mendapat peringkat baik di Google adalah kualitas kontennya. Membangun konten yang unik dan berkualitas secara kontinu akan membantu website Anda mendapat peringkat lebih baik di Google.
Konten blog dapat membantu untuk mendominasi mesin pencari; Salah satu cara terbaik untuk terus mendapatkan pelanggan dan klien baru adalah menjaga peringkat website Anda di mesin pencari. Jika user mencari informasi tertentu di Google dan konten blog Anda ternyata tampil dengan ranking yang baik, maka hasilnya kemungkinan besar Anda akan mendapatkan pelanggan baru terus menerus dari mesin pencari.

4. Meningkatkan Reputasi Brand Bisnis

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki blog akan membantu Anda meningkatkan popularitas brand bisnis Anda secara online. Saat Anda konsisten membangun konten yang bermanfaat bagi orang lain, maka dapat dipastikan bahwa website Anda lambat laun akan menjadi pemimpin di industri yang Anda geluti. Brand bisnis yang sudah memiliki popularitas baik di industri tertentu biasanya juga akan mendominasi hasil pencarian di mesin pencari Google.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© Dunia Anak Informatika All rights reserved | Designed by Blogger Templates